jump to navigation

#edisiramadhan – You know me so well July 19, 2011

Posted by Wahyu Kresna El Haydar in : islam, ramadhan , trackback

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (QS: Al Baqarah 183)

Marhaban ya Ramadhan. Dalam hitungan hari, kita akan bertemu Bulan penuh berkah, Bulan Ramadhan. Bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh ummat muslim di dunia, bulan penuh ampunan serta bulan yang penuh dengan imbalan yang berlipat atas apa yang kita payahkan. Semoga di sisa hari ini, kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Bulan Ramadhan. Amin.

You Know Me So Well, secara harfiah artinya kamu-tahu-aku-banget (loh), iya donk, sebagai seorang muslim kita harus tahu salah satu rukun islam kita, yaitu berpuasa, minimal harus tahu definisi serta kewajiban dan keutamaan-keutamaan bulan ramadhan. Dalam buku Minhaajul Muslim karya Abu Bakr Jabir Al Jazairi atau yang lebih familier di telinga kita dengan sebutan Eksiklopedia Muslim, definisi puasa ialah

Puasa menurut bahasa adalah menahan. Sedang puasa menurut syarat ialah menahan dengan niat ibadah dari makan, minuman, hubungan suami-istri dan semua hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. (h.413)

bulan ramadhan mempunyai banyak sekali keuramaan dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. dalam hadist yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi dan ia berkata bahwa hadist ini gharib, hadist ini juga diriwayatkan Al-Hakim dan men-shahihkannya sesuai dengan syarat Al Bukhari dan Muslim)
Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin pembangkang dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan tidak ada satu pun pintunya yang dibuka, pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada satu pintunya yang ditutup, dan penyeru berseru, Hai pencari kebaikan, datanglah dan hai pencari keburukan berhentilah. Allah mempunyai orang-oran gyang terbebas dari neraka, dan itu terjadi pada setiap malam.
lalu, tunggu apa lagi? persiapkan mulai dari sekarang. kabarkanlah berita baik ini, bersiaplah, bergegaslah, mari kita buat ramadhan kali ini lebih bermakna hingga nanti setelah ramadhan, masih ada jejak keshalihan dalam diri kita. Wallahu a’lam.

Comments»

no comments yet - be the first?


*

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer